Sejarah dan Peristiwa

Program Studi (PS) Biologi FMIPA UNS berdiri bersamaan dengan berdirinya FMIPA UNS.  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta resmi berdiri berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud tertanggal 1 Oktober 1996 No : 0297/O/1996 dan diresmikan pada tanggal 2 Mei 1997 yang terdiri dari empat PS, yaitu Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika. Pendirian FMIPA ini didukung oleh tenaga pengajar ahli berasal dari berbagai fakultas yang mempunyai latar belakang lulusan “basic sciences”. Tenaga Pengajar tersebut berasal dari Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian maupun FKIP.

Faktor yang mendorong berdirinya PS BIOLOGI FMIPA UNS adalah adanya kenyataan bahwa dalam rangka peningkatan pelaksanaan pembangunan nasional diperlukan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS), yang berbasis pada ilmu-ilmu dasar (Basic Sciences) yang menjadi dasar pengembangan teknologi.

Adanya dukungan dana DUE (1996-2001), Semi-QUE (2003-2004) dan PHK A2 (2007-2009), serta dana-dana lain baik yang berasal dari dana rutin maupun kompetitif. Selama lima tahun terakhir PS Biologi FMIPA UNS telah berkembang pesat. Hal ini diindikasikan dari :

  • Kecukupan SDM, PS BIOLOGI FMIPA UNS mempunyai staf akademik sebanyak 29 dosen, yang terdistribusi dalam berbagai bidang keahlian. Dari jumlah tersebut 4 dosen telah berkualifikasi Professor.
  • Program Studi Biologi FMIPA telah terakreditasi A (2010-2015).
  • Fasilitas penunjang proses belajar mengajar mengalami peningkatan berupa sarana berbasis IT dan multimedia.
  • Sarana Laboratorium yang sangat memadai untuk praktikum dan penelitian. Informasi tentang sarana dan aktivitas laboratorium dapat diakses secara online di laman http://lab.mipa.uns.ac.id
  • Dimenangkannya berbagai penelitian bergengsi baik tingkat nasional maupun internasional oleh dosen PS Biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *