PTERIDOLOGI 2020

Sabtu, 11 Juli 2020, Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) sukses menyelenggarakan  PTERIDOLOGI 2020. PTERIDOLOGI adalah akronim dari “Pelatihan Kreativitas dan Ide Ilmiah Mahasiswa Biologi 2020”, yang merupakan wadah untuk berbagi pengalaman dan kiat membuat proposal dan karya ilmiah. Acara terselenggara secara daring melalui platform Google Meet pada pukul 08.30-11.30.

Hadir sebagai pembicara utama: Hasbiyan Rosyadi, S.Si., M.Sc (Dosen Biologi FMIPA UNS); Jeesica Hermayanti Pratama, dan Yochidamai Aksanitaqwim. Dua pemateri yang terakhir adalah mahasiswa aktif Fakultas MIPA yang sudah berpengalaman dan memenangkan beberpa event lomba ilmiah mahasiswa di tingkat Nasional. 

Memulai sesi diskusi, Bapak Hasbiyan Rosyadi, M.Sc. berupaya membangkitkan motivasi peserta pelatihan untuk ikut aktif membuat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Selain itu beliau juga berbagi trik tentang bagaimana memperoleh ide yang menarik dan kompetitif untuk memenangkan kompetisi perolehan hibah PKM. Sedangkan Jeesica Hermayanti Pratama yang sudah beberapa kali mendapatkan pendanaan PKM dan memenangkan lomba di beberapa ajang ilmiah lebih menyoroti teknik penulisan proposal yang kompetitif. Diakhir sesi, Yochidamai, yang tercatat sebagai peraih predikat Juara II Mahasiswa Berprestasi di Tingkat Universitas berbagi pengalaman tentang cara mengatasi kendala dalam pembuatan dan pengerjaan PKM.

Dokumentasi Kegiatan