PELATIHAN PEMBUATAN TEPUNG UBI JALAR DAN ANEKA OLAHAN UBI JALAR DI DUSUN KRAMEN PABLENGAN MATESIH KARANGANYAR JAWA TENGAH

Tim Pengabdian pada Masyarakat Prodi Biologi FMIPA UNS yang terdiri dari Dr Nita Etikawati, M.Si., Dr Widya Mudyantini, M.Si. dan Dr Shanti Listyawati, M.Si. melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan tepung dan aneka olahan ubi jalar pada masyarakat dusun Kramen Pablengan Matesih Karanganyar. Pembuatan tepung ubi merupakan salah satu bentuk diversifikasi pengolahan pasca panen yang dapat dilakukan para petani untuk meningkatkan nilai jual hasil panenan. Harga jual tepung ubi dapat mencapai 5-10 kali lipat bila dibandingkan nilai jual ubi segar, dengan demikian diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan para petani ubi pada khususnya dan seluruh masyarakat Dusun Kramen pada umumnya.

Kegiatan ini dilakukan beberapa tahap yaitu sosialisasi, penyuluhan, dan pelatihan. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan tujuan untuk lebih mengenalkan masyarakat dengan program pengabdian yang akan dilaksanakan serta untuk menyadarkan masyarakat terhadap potensi kekayaan dusun yang dimiliki. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Pengabdi dan dihadiri oleh Pengurus dusun Kramen dan masyarakat setempat. Kegiatan penyuluhan meliputi beberapa topik, yaitu penyuluhan mengenai penanganan pasca panen ubi jalar, teknik penepungan ubi jalar, analisis usaha tepung ubi jalar serta aneka olahan dengan bahan dasar ubi jalar. Tahap terakhir kegiatan adalah pelatihan yang meliputi beberapa tahap yaitu tahap persiapan ubi jalar dari panen, penyimpanan, perajangan, pengeringan, penggilingan tepung dan pembuatan aneka  olahan dengan bahan dasar ubi jalar. Pada kesempatan ini peserta dilatih dalam mengoperasikan beberapa alat yang dihibahkan yaitu mesin perajang ubi, mesin penepung, serta penggunaan sealer kemasan. Hasil akhir kegiatan berupa tepung ubi jalar ungu, putih dan kuning, serta aneka olahan seperti brownis ubi, dodol ubi, puding ubi dan stik ubi.

Antusiasme mitra sangat bagus, hal ini dibuktikan dengan jumlah kehadiran peserta yang banyak pada setiap sesi kegiatan. Kegiatan diakhiri dengan serah terima peralatan  berupa mesin perajang ubi, mesin penggiling, timbangan digital, serta sealer kemasan dari LPPM UNS kepada masyarakat mitra. Kegiatan ini didanai dengan dana PNBP UNS 2019.