Sertifikasi AUN-QA: Pengertian dan Nilai Pentingnya bagi Program Studi

AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance) diinisiasi th 1998. Asean University Network (AUN) didirikan untuk menjamin kualitas pendidikan tinggi di negara-negara ASEAN dan bertanggung tanggung jawab untuk mempromosikan jaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, dan berkolaborasi dengan badan regional dan internasional untuk kepentingan komunitas ASEAN.

Sejalan dengan visi UNS, FMIPA-UNS dan Program Studi Biologi untuk menjadi lembaga terkemuka di tingkat nasional dan internasional, Sertifikasi AUN-QA meningkatkan daya saing Program Studi Biologi di tingkat internasional. AUN-QA adalah salah satu lembaga  sertifikasi yang akan menjadi batu loncatan menuju akreditasi internasional di tingkat global.

Manfaat untuk universitas dan program studi yang telah disertifikasi oleh AUN-QA adalah kesetaraan program studi dengan program studi universitas berkualitas tinggi lainnya di ASEAN. Selain itu, siswa dalam program studi bersertifikat AUN-QA dapat melakukan transfer kredit ke universitas lain yang telah disertifikasi. Manfaat lainnya bagi program studi yang telah memegang sertifikasi AUN-QA antara lain: 1) Peluang untuk berpartisipasi dalam program AUN-QA, dan / atau proyek dan mengembangkan kerjasama dengan organisasi mitra ASEAN. 2) Menambahkan jaringan diantara Negara ASEAN  dan terlibat dalam konferensi diselenggarakan AUN-QA. 3) Peluang terlibat dalam lokakarya dan kursus pelatihan AUN-QA, serta berbagi pengalaman implementasi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.