Fasilitas Greenhouse (Rumah Kaca) dan Rumah Percobaan

Kelengkapan alat dan fasilitas penunjang penelitiann merupakan kebutuhan penting bagi perkembangan dan keberlanjutan penelitian. Belum lama ini, diawal bulan September 2017, telah berdiri fasilitas greenhouse dan ruang  pemeliharaan hewan uji, bertempat di UPT Laboratorium MIPA Pusat, Universitas Sebelas Maret. Bangunan berlantai dua ini merupakan fasilitas pendukung untuk kegiatan penelitian kelompok riset tumbuhan, hewan, mikrobiologi, hingga ekologi. Lantai atas menyediakan ruang dengan cahaya penuh untuk penanaman, sedangkan di lantai dasar dapat digunakan untuk kegiatan pemeliharaan dan perlakuan hewan percobaan. Fasilitas ini diharapkan memacu minat dan aktivitas mahasiswa dan dosen untuk melakukan penenlitian.

Ari Pitoyo, S.Si., M.Sc.

Grup Riset:

Biomateri Tumbuhan

Mata Kuliah:

Struktur dan Perkembangan Tumbuhan, Reproduksi Tumbuhan, Mikroteknik Tumbuhan, Orchidologi

Minat Penelitian:

Biologi anggrek, morfogenesis tumbuhan, bioimaging

Penelitian Terkini

Keanekaragaman Anggrek-Mikoriza

Publikasi Terpilih:

Nadhifah A, Suratman, A. Pitoyo. 2016. Kekerabatan fenetik ciplukan (Physalis angulata L.) di Wilayah Eks-Karisidenan Surakarta berdasarkan karakter morfologis, palinologis, dan pola pita isozim.

 

Dr. Solichatun, M.Si.

Grup Riset:

Biomateri Tumbuhan

Mata Kuliah

Fisiologi Tumbuhan, Kultur Sel dan Jaringan,Ekofisiologi Tumbuhan, Fitohormon, Fisiologi Biji, Biologi Tumbuhan Akuatik.

Minat Penelitian (Research Interest)     :

Dormansi dan Perkecambahan Biji

Produksi Metabolit Sekunder melalui Kultur In Vitro

Perbanyakan Mikro Tumbuhan

Fisiologi Cekaman pada Tumbuhan

Penelitian Terkini

Karakterisasi morfologis, anatomis dan fisiologis biji rekalsitran dan ortodoks

Publikasi Terpilih 

Solichatun, Santosa, Dewi K, and Pratiwi R. 2016.  The effects of physical and hormonal treatments on dormancy breaking and the changes in seed coat ultrastructure of Delonix regia. NUSANTARA BIOSCIENCE Vol. 8, No. 1, pp. 94-102, 2016 DOI: 10.13057/nusbiosci/n080117 ISSN: 2087-3948

Subandi AE, Anggarwulan E, Sari SLA, dan Solichatun. 2015. Aktivitas endo-β-mannanase pada perkecambahan biji Parkia roxburghii dengan pemberian variasi konsentrasi giberelin. Bioteknologi 12 (1): 8-15, 2015 DOI: 10.13057/biotek/c120102. ISSN: 0216-6887, EISSN: 2301-8658]

Dr. Nita Etikawati, M.Si.

Grup Riset:

Biomateri Tumbuhan.

Mata Kuliah:

Genetika, Genetika Molekuler, Genetika Tumbuhan, Biologi Sel, Teknik Laboratorium, Biologi Radiasi, Struktur dan Perkembangan Tumbuhan.

Minat Penelitian:

Induksi mutasi

Studi bioaktif tanaman terhadap onkogen dan protoonkogen.

                                           

Publikasi Terpilih

Etikawati, N., Moeljopawiro, S., Wahyuono, S. dan Susidarti, R.A., 2016. Induction of p53 and pRb Expression in Cervical Cancer Cells Hela by Chloroform Extract of Polyalthia glauca (Hassk.) Boerl Leaves. JOCPR. 8(5):958-962

Etikawati, N., Moeljopawiro, S., Wahyuono, S. dan Susidarti, R.A., 2015. Cytotoxic Activities of chloroform extract from leaves of Polyalthia glauca (Hassk.) Boerl. On HeLa cell line.7(10)440-444

Riset Anggrek (Orchidaceae) dan Mikoriza

Anggrek adalah nama populer untuk tanaman dari familia Orchidaceae. Kelompok tumbuhan ini beranggotakan lebih dari 25.000 spesies dan tidak kurang dari 800 genera. Anggrek memiliki cara hidup unik yaitu ketergantungannya dengan mikoriza pada sebagian atau bahkan seluruh tahapan siklus hidupnya. Riset tentang anggrek dan mikoriza simbionnya menjadi tema riset yang diangkat oleh Riset Grup Biomateri tumbuhan. Beberapa skema hibah telah diperoleh hingga tiga tahun mendatang. Grup ini juga mengundang partisipasi mahasiswa dan peneliti lain untuk turut berkiprah di riset ini.

Praktikum Mikroteknik : Image Processing with imageJ

Kegiatan praktikum mikroteknik dengan tema “Pengolahan dan Interpretasi Gambar Digital Berbasis ImageJ” diundur pada Selasa 13 September 2016.

Bagi mahasiswa yang akan mengikuti praktikum atau sekedar site-in pada kegiatan tersebut dipersilahkan untuk mengunduh beberapa file penting berikut ini pada link yang tersedia.

  1. Aplikasi ImageJ (download link https://imagej.nih.gov/ij/download.html)
  2. Java environment (https://java.com/en/download/)
  3. Tutorial dan contoh  (https://imagej.nih.gov/ij/docs/examples/)

Aplikasi ImageJ dan Java sangat disarankan untuk diinstall terlebih dahulu.

Ari – Dosen Pengampu

1 2