PTERIDOLOGI 2020

Sabtu, 11 Juli 2020, Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) sukses menyelenggarakan  PTERIDOLOGI 2020. PTERIDOLOGI adalah akronim dari “Pelatihan Kreativitas dan Ide Ilmiah Mahasiswa Biologi 2020”, yang merupakan wadah untuk berbagi pengalaman dan kiat membuat proposal dan karya ilmiah. Acara terselenggara secara daring melalui platform Google Meet pada pukul 08.30-11.30.

Hadir sebagai pembicara utama: Hasbiyan Rosyadi, S.Si., M.Sc (Dosen Biologi FMIPA UNS); Jeesica Hermayanti Pratama, dan Yochidamai Aksanitaqwim. Dua pemateri yang terakhir adalah mahasiswa aktif Fakultas MIPA yang sudah berpengalaman dan memenangkan beberpa event lomba ilmiah mahasiswa di tingkat Nasional. 

Memulai sesi diskusi, Bapak Hasbiyan Rosyadi, M.Sc. berupaya membangkitkan motivasi peserta pelatihan untuk ikut aktif membuat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Selain itu beliau juga berbagi trik tentang bagaimana memperoleh ide yang menarik dan kompetitif untuk memenangkan kompetisi perolehan hibah PKM. Sedangkan Jeesica Hermayanti Pratama yang sudah beberapa kali mendapatkan pendanaan PKM dan memenangkan lomba di beberapa ajang ilmiah lebih menyoroti teknik penulisan proposal yang kompetitif. Diakhir sesi, Yochidamai, yang tercatat sebagai peraih predikat Juara II Mahasiswa Berprestasi di Tingkat Universitas berbagi pengalaman tentang cara mengatasi kendala dalam pembuatan dan pengerjaan PKM.

Dokumentasi Kegiatan

International Conference on Biodiversity and Biotechnology (ICBB 2019)

Theme : Bridging research towards bioproducts

A long-term commitment to fundamental biological research relevant to the needs of bio-based industry should be maintained. The genetics of plants and bacteria that lead to an understanding of genes that control plant pathways and cellular process, the physiology and biochemistry of plants and microorganism directed towards improving bioconversion process, and modification of plant metabolism represent major research interest.

Nowadays, the production of efficient and sustainable biofertilizers for plant production, wherein utilization of chemical fertilizer can be reduced significantly to avoid further pollution problems, is currently gaining special attention. Jean Yong, professor of Horticultural Growing Systems and his team have provided scientific linkages and evidence to show that phytohormones are important components of the biofertilizers currently in use by the plant industry. Some Rhizobacterias secrete phytohormones, especially cytokinins, and can be cultured and developed into a biofertilizer. They proposed that soon a hybrid approach of combining organic and conventional fertilization regimes will be the likely scenario, as a better understanding of plant growth and development through the regulatory controls on the cell proliferation processes by phytohormones and mineral nutrients delivered by fertilizers has been achieved.

Invite Speakers:

Important Dates

1. Registration for non-speakers: November 4, 2019
2. Registration and deadline for abstract submissions: October 23, 2019 
3. Notification of abstract that pass to be presented (invitation & invoice): October 27, 2019 

4. Early bird registration & payments: now- October 30, 2019 (23.59 WIB) 
5. Regular registration & payments: October 31, 2019 – November 3, 2019
6. Acceptance of the full paper: November 4, 2019  
7. Notification of time schedule: November 4, 2019
8. Implementation of the conference: November 11, 2019
9. Excursion to Solo City and the surrounding [optional]: November 12, 2019
10. The process of review and revision or improvement of the full text: until February 29, 2020
 
——————————

11. Registration and deadline for abstract and full text paper submissions for graduate students (Ind.: mahasiswa pascasarjana) who register for the free of charge: October 16, 2019

12. Notification of the full text paper of no. 11 that pass to be presented (invitation): October 27, 2019

Poster:

Produk Mitra P2M ikut dipamerkan pada Dies Natalis FMIPA UNS ke-23

Fakultas Matematika dan Ilmu Pngetahuan Alam (FMIPA) menggelar serangkaian acara dalam rangka Dies Natalisnyayang ke-23. Salah satu acara-nya adalah Family Gathering yang diselenggarakan pada tanggal 29 September 2019. Pada acaratersebut, selain diisi dengan jalan sehat semua civitas akademikaFMIPA juga diadakan bazar pameran produk termasuk produkdari mitra kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) daripara dosen Program Studi Biologi FMIPA UNS.  Beberapaproduk yang diikutsertakan dalam bazar adalah1. Aneka keripik “Bu Nur”  hasil produk mitra kelompok P2M yang diketuai oleh ibu Dr. Solichatun, M.Si.; 2. Batik anatomi aneka motif hasil produk mitra kelompok P2M yang diketuai Bapak Suratman, S.Si., M.Si.; 3. Produk makanan lokal brem hasil mitra kelompok P2M yang diketuai oleh ibu Dr. Tetri Widiyani, M.Si.  serta4. Tepung ubi dan olahannya hasil produk  mitra kelompok P2M yang diketuai oleh ibu Dr. Nita Etikawati, M.Si.

Pameran produk mitra P2M sekaligus pemasarannya diharapkandapat meningkatkan pengenalan (recognisi) dan nilai jualproduk, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomianmasyarakat khususnya mitra P2M yang terlibat.

PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN MOTIF DAN DIVERSIFIKASI PRODUK BATIK ANATOMI UNTUK MENCIPTAKAN WIRAUSAHA BARU DI KALANGAN MAHASISWA

Dalam rangka menumbuhkan minat berwirausaha dan meningkatkan kecintaan mahasiswa terhadap batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia maka Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Program Studi Biologi FMIPA UNS yang beranggotakan Suratman, S.Si., M.Si., Elisa Herawati, S.Si., M.Eng., Ph.D. dan Prof. Drs. Suranto, M.Sc., Ph.D. pada Hari Sabtu, 14 September 2019 melaksanakan Kegiatan Pelatihan Pembuatan Desain Motif dan Diversifikasi Produk Batik Anatomi. Batik Anatomi ini sangat unik karena motifnya kebanyakan terinspirasi dari bentuk morfologi maupun anatomi jaringan dari berbagai organ makhluk hidup. Motif Batik Anatomi boleh dibilang berbeda dengan motif batik kebanyakan yang beredar di masyarakat. Produk Batik Anatomi ini pada mulanya merupakan hasil PKMK (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan) tahun 2009-2010 dari 3 mahasiswa Program Studi  Biologi FMIPA UNS yaitu M. Jafron Syah, Annisa Febti Suharsi dan Amirul Mukminin. Sampai saat ini produk Batik Anatomi sudah menjadi salah satu kelompok wirausaha baru yaitu dengan didirikannya Oemah Batik Anatomi untuk mewadahi usahanya.

Pelatihan ini dilaksanakan di Oemah Batik Anatomi yang berlokasi di Jalan Salak 5 No. 127, Perum Ngringo, Jaten, Karanganyar dan diikuti oleh mahasiswa Prodi Biologi FMIPA UNS dan Pemilik Oemah Batik Anatomi, yaitu M. Jafron Syah dan Annisa Febti Suharsi yang juga merupakan alumni Prodi Biologi FMIPA UNS. Pada pelatihan ini mahasiswa diberikan materi tentang cara pembuatan desain motif Batik Anatomi. Materi ini disampaikan oleh Dr. Widya Mudyantini, M.Si. yang juga merupakan pembina kelompok wirausaha Batik Anatomi. Dari hasil pembuatan desain motif Batik Anatomi ini kemudian dipilih 2 desain motif terbaik atas nama Intan Nurcahyani dan Tantri Purnama Sari, keduanya mahasiswa Prodi Biologi FMIPA UNS angkatan 2016.

Di samping itu, pada pelatihan ini, mahasiswa juga diberikan materi tentang pembuatan berbagai macam produk yang berbahan kain batik, terutama Batik Anatomi, seperti goody bag, dompet dan lainnya sehingga dapat dihasilkan beberapa produk yang bisa memperkaya variasi produk batik dan harapannya nanti bisa meningkatkan nilai jual produk tersebut.   

Gambar 1. a. Pelatihan pembuatan desain motif Batik Anatomi; b. Pembuatan desain motif Batik Anatomi oleh peserta kegiatan; c. Contoh salah satu desain motif Batik Anatomi 

Gambar 2. a.Pelatihan diversifikasi produk Batik Anatomi bagi mahasiswa ; b. Contoh diversifikasi produk yang berbahan kain Batik Anatomi

DR. Ir. Yuli Widyastuti, M.P : Potensi Keanekaragaman Hayati Tumbuhan Obat

Solo, 25 Oktober 2018. Program Studi Biologi Fakultas MIPA UNS menyelenggarakan kuliah tamu dengan menghadirkan pakar dari Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional  (B2LTO2T), Badan Litbang Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. Nara sumber menegaskan pentingnya pelestarian dan potensi keanekaragaman hayati tumbuhan obat sebagai sumber pengembangan obat dan produk herbal masa depan. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari peserta baik mahasiswa maupun dosen yang menyimak dan berpartisipasi aktif dengan penuh antusias.

Sertifikasi AUN-QA: Pengertian dan Nilai Pentingnya bagi Program Studi

AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance) diinisiasi th 1998. Asean University Network (AUN) didirikan untuk menjamin kualitas pendidikan tinggi di negara-negara ASEAN dan bertanggung tanggung jawab untuk mempromosikan jaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, dan berkolaborasi dengan badan regional dan internasional untuk kepentingan komunitas ASEAN.

Sejalan dengan visi UNS, FMIPA-UNS dan Program Studi Biologi untuk menjadi lembaga terkemuka di tingkat nasional dan internasional, Sertifikasi AUN-QA meningkatkan daya saing Program Studi Biologi di tingkat internasional. AUN-QA adalah salah satu lembaga  sertifikasi yang akan menjadi batu loncatan menuju akreditasi internasional di tingkat global.

Manfaat untuk universitas dan program studi yang telah disertifikasi oleh AUN-QA adalah kesetaraan program studi dengan program studi universitas berkualitas tinggi lainnya di ASEAN. Selain itu, siswa dalam program studi bersertifikat AUN-QA dapat melakukan transfer kredit ke universitas lain yang telah disertifikasi. Manfaat lainnya bagi program studi yang telah memegang sertifikasi AUN-QA antara lain: 1) Peluang untuk berpartisipasi dalam program AUN-QA, dan / atau proyek dan mengembangkan kerjasama dengan organisasi mitra ASEAN. 2) Menambahkan jaringan diantara Negara ASEAN  dan terlibat dalam konferensi diselenggarakan AUN-QA. 3) Peluang terlibat dalam lokakarya dan kursus pelatihan AUN-QA, serta berbagi pengalaman implementasi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

A Tribute to Prof. Dr. Wiryanto, M.Si.

Tulisan ini seharusnya menguraikan tonggak pencapaian dan rasa optimisme Program Studi Biologi FMIPA UNS atas sosok staf dosen yang telah berhasil mencapai puncak karir akademik sebagai guru besar. Kamis, 29 Maret 2018, sekitar pukul 12.00 WIB Prof. Dr. Wiryanto, M.Si., resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar di Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Tawar pada acara Sidang Senat Terbuka Universitas Sebelas Maret. Tersirat dengan jelas pada teks dan pidato pengukuhannya, suatu semangat, harapan, dan upaya untuk memperbaiki tata kelola air tawar guna mengoptimalkan nilai manfaat yang lestari bagi masyarakat. Tidak sedikitpun tampak rasa lelah untuk terus berkarya dan mengabdikan keilmuannya bagi bangsa dan negara meskipun fakta usia beliau yang tidak lagi muda. Demikianlah, sudah sepantasnya kami berbangga, memberikan apresiasi tinggi dan mengandalkan kepakaran beliau untuk mewujudkan visi dan misi Program Studi. Hingga, pada hari yang sama,  Kamis, 29 Maret 2018 pukul 16.40 kami harus menata hati kami untuk mengikhlaskan kepergian beliau bersama dengan semua ide besar, keteladanan, optimisme, dan kerja keras pantang menyerah untuk memberikan yang terbaik. Sore itu beliau dipanggil Sang Maha Pencipta untuk menghadap-Nya setelah berjuang sekian lama dengan penyakit jantung yang dideritanya. Selamat jalan Prof. Wir, ilmu dan semangatmu abadi tak lekang oleh waktu.

Batik Anatomi

Batik Anatomi (Batik of Animal and Plant Anatomy) a sweet blend, three in one, among bio-science, art and culture in fashionable design. A real effort to educate science with a friendly local art and culture.

What do you think about anatomical terms in animals and plants? Surely you will imagine dissection tools and microscopes to obtain a clear description. Here, our staff, Widya Mudyantini, M.Si. and her team were able to present an anatomical picture of the hidden objects in our body in a blended design of batik , an art of Javanese culture.

UNS Open Courseware : Merangkum Informasi Penting Tentang Mata Kuliah dan Online-learning

Semester genap Tahun Akademik 2017/2018  belum lama berlangsung, penting bagi mahasiswa membaca dengan detail materi dan rencana pembelajaran setiap mata kuliah. Portal Open Courseware memfasiltasi mahasiswa untuk memperoleh informasi lengkap setiap mata kuliah dengan merangkum beberapa hal terkait: diskripsi mata kuliah, rencana pembelajaran setiap dosen pengampu, materi-materi perkuliahan, dan bahkan dapat difungsikan sebagai kanal komunikasi online antara pengampu dengan mahasiswa.

Link https://ocw.uns.ac.id

1 2