Prestasi Mahasiswa : Juara 2 LKTI Mahasiswa PTN Wilayah Indonesia Barat

Kontingen Mahasiswa Biologi FMIPA UNS yang terdiri dari Hasna, Prasetya Adi, dan Dewi Larasati mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa PTN se Wilayah Barat. Kompetisi kali ini terbingkai dalam semangat “The Infinity Value of Biodiversity”. Tema yang dipilih Hasna dkk adalah : “Pemanfaatan kekayaan sumber daya hayati (SDH) yang tepat untuk peningkatan ekonomi masyarakat”. Dengan mengusung judul “Pemberdayaan Fungi sebagai Agen Natural Biofactories Nanosilver dan Potensinya dalam Mendukung Perekonomian Bangsa”, tim mahasiswa ini berhasil meyakinkan juri dan menyabet predikat juara 2 (dua) dengan menyisihkan 12 tim lainnya.

 

Inventarisasi Kehati Magetan : PPLH UNS, Pemda Magetan dan KS. BIODIV-KEPAK SAYAP

Mahasiswa biologi yang tergabung dalam Kelompok Studi (KS) Biodiversitas dan Kepak Sayap, aktif ikut serta dalam upaya inventarisasi keanekaragaman hayati di Kabupaten Magetan. Kegiatan ini merupakan aksi bersama yang dipelopori oleh Pusat Penelitian Linkungan Hidup, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (PPLH-LPPM) UNS bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan. Target dari kegiatan ini adalah suatu dokumen lingkungan hidup yang menginventarisasi flora dan fauna (herpetofauna) yang berada di daerah tertentu. Berita lain dari aktivitas ini dapat dilihat pada laman LPPM-UNS.

Prestasi Mahasiswa: Peringkat 2 LKTI Nasional “EUPHORBIO 2″

Mahasiswa Prodi Biologi-FMIPA Universitas Sebelas Maret meraih peringkat kedua LKTI Nasional “EUPHORBIO 2 :EUPHORIA BIOLOGI 2017” yang diselenggarakan di Program Studi Biologi-FMIPA Universitas Mulawarman Samarinda,tanggal 21-23 September 2017.

Tim LKTI Prodi Biologi FMIPA UNS beranggotakan Hasna Hafida, Serly Fuadarizka, dan Abi Yusman Pratama, bersaing dengan 12 tim LKTI dari universitas lain seluruh Indonesia. Sub tema yang dipilih adalah bidang Peternakan dengan judul makalah “Potensi Fungi sebagai Agen Biosintesis Ramah Lingkungan Nanopartikel  untuk Bahan Tambahan Pakan Ternak” dengan dosen pembimbing Dr. Artini Pangastuti, M.Si. Tim LKTI Prodi Biologi FMIPA UNS meraih peringkat ke-2 dan memperoleh piala serta uang pembinaan.

Selamat …

Nurul Kusmiyati, Runner Up Lomba Karya Tulis

nurul-kusmiyati-300x225

Salah satu mahasiswa Fakultas MIPA kembali mengukir prestasi, Nurul Kusmiyati mahasiswa jurusan Biologi bersama tim menorehkan prestasi sebagai runner up pada ajang Lomba Karya Tulis Nasional Tahun 2014 di Universitas Andalas Padang Sumatera Barat. Kegiatan LKTN yang dilaksanakan pada Jum’at-Minggu (21-23 Nopember 2014) diikuti oleh berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia diantaranya Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya dan Perguruan Tinggi yang lain.

Karya tulis yang mengangkat judul Indonesian Sustainable Youth Cretaive-Cooperative Movement (INSOCOM) Sebagai Upaya Penyiapan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Sebagai Penggerak Koperasi Indonesia berhasil menjadi Rennur Up pada ajang tersebut. Sementara Juara I nya diraih tim dari UGM dan Juara 3 diraih tim dari ITB.

Dengan perolehan hasil diatas menunjukkan bahwa tim dari UNS mampu menunjukkan kelasnya dan berhasil bersaing dengan tim dari perguruan tinggi ternama.