Pelatihan Professional Building, Sabtu, 28 Oktober 2017

Menjelang berakhirnya tahun 2017, Prodi Biologi FMIPA UNS Solo  akan mengadakan kegiatan Pelatihan Professional Building  bagi seluruh dosen dan staf kependidikan.

Kegiatan ini  bermanfaat untuk refreshing, refleksi dan evaluasi kegiatan yang lalu sekaligus planning tahun 2018.

Acara akan diselenggrakan pada :

Hari / Tanggal           : Sabtu / 28 Oktober 2017

Tempat                       : Riverhills Tawangmangu-Karanganyar

Pukul                          : 08.00-16.00 WIB

Penyelenggaraan acara dipandu oleh Citra Emas Public Relations.

KULIAH UMUM (Jumat, 3 November 2017)

Program Studi Biologi-FMIPA UNS bekerjasama dengan Prodi Biosains Pascasarjana UNS akan menyelenggarakan : KULIAH UMUM (GENERAL LECTURE). Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Jum’at, 3 Nopember 2017, Pukul : 08.30-12.00 WIB. Penyelenggaraan kuliah bertempat di Aula Pascasarjana, Kampus UNS Kentingan-Solo. Pada kesempatan tersebut akan ada dua  pembicara dari University of Philippines – Losbanos, yaitu DR. WALTER ALVARES LAVINA dan PROF. BARBARA LAVINA CAOILI . Acara ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Prodi Biologi, FMIPA-UNS; mahasiswa Prodi Biosains Program Pascasarjana UNS, dan dosen.

Pelatihan Kesadaran Tanggap Darurat

Program studi biologi mengagendakan pelatihan kesadaran tanggap darurat untuk mengantisipasi situasi genting karena bencana seperti kebakaran,  gempa bumi, dll. Kegiatan pelatihan ini akan diselenggarakan pada :

Hari/ Tanggal : Selasa, 17 Oktober 2017

J a m : 08.30  s.d  12.00 WIB

Trainer : Drs. Widodo Prayitno

Tempat : UNS Inn

Penting bagi semua civitas akademika Prodi Biologi FMIPA UNS untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Workshop Dokumentasi Specimen Makro dan Mikro Biologi

Program Studi Biologi bekerjasama dengan HIMABIO FMIPA UNS dan Biopix Study Club mempersembahkan
✨ Workshop Dokumentasi Spesimen Makro dan Mikro Biologi 🔬✨

Dihadiri oleh pemateri-pemateri handal :
1. Karyadi Baskoro, M.Si (Dosen Biologi FSM Undip)
2. Ari Pitoyo, M.Sc (Dosen Biologi FMIPA UNS)

Acara diselenggarakan pada :
📆 Senin, 10 Juli 2017
⏰ 08.00 WIB – Selesai
📍Ruang C.2.18 (Gedung C FMIPA UNS)

✨Khusus untuk kamu mahasiswa Biologi. Kuota terbatas hanya 50 orang!. GRATIS ✨

Jangan lupa bawa kamera & laptop karena akan belajar langsung dokumentasi.
Bakal dapat makan siang, snack dan sertifikat juga guys!😍

Seru kaan? Makanya ayo buruan daftar untuk kalian yang merasa
mahasiswa Biologi FMIPA UNS🙋

Cara Pendaftaran :
SMS/Whatsapp : Workshop_nama_angkatan

📱CP :
Gilang (0812-1212-2167)
Valian (0823-2424-8090)

#HIMABIO2017
#SquadApisSerasi
#BiologidiHati
#BiologistSejati

Apis?! Mellifera!!

Visitasi Tim Kemristek-dikti untuk pendirian S3 Biologi

Hari ini, Kamis 6 April hingga Sabtu 8 April 206, Prodi Biologi FMIPA UNS memperoleh kunjungan dari Tim BAN-PT untuk mengevaluasi kelayakan pendirian Progran Studi S3 – Doktor Biologi. Kunjungan sekaligus penilaian ini akan menentukan apakah tahun ini Program doktoral Biologi sudah bisa menerima mahasiswa baru. Semua civitas akademika khususnya pihak Fakultas dan Program Studi sangat berharap hasil penilaian dapat memuaskan.

Talkshow 20 November 2016: River School as River Recovery

Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas MIPA UNS melalui Kelompok Studi Enviro menggagendakan acara talkshow tentang pemulihan mutu sungai (River Recovery) bertema :  “River School for River Recovery”. Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber utama dari latar belakang dan lembaga berbeda, seperti: Dr. Prabang Setyono,  M.Si. (Dosen Biologi FMIPA UNS sekaligus Ketua Program Pascasarjana s3 Ilmu Lingkungan UNS dan Inisiator Sekolah Sungai); Prigi Arisandi, S.Si., M.Si. (Koordinator Ecoton); dan Sesario Bayu Mangkara (Praktisi Lingkungan sekaligus pendiri KS Enviro).  Acara talkshow akan mengambil tempat di Student Center UNS, pada 20 November 2016. Turut berpartisipasi aktif dalam acara ini, Jasa Tirta (Perusahaan Pengelola Sumber Daya Air).  Peserta akan mendapatkan fasilitas talkshow kit, makanan ringan, hiburan, dan tentu saja tambahan ilmu dan wawasan lingkungan terkini dengan cukup registrasi sebesar 15000 s.d 25000 rupiah.

Praktikum Mikroteknik : Image Processing with imageJ

Kegiatan praktikum mikroteknik dengan tema “Pengolahan dan Interpretasi Gambar Digital Berbasis ImageJ” diundur pada Selasa 13 September 2016.

Bagi mahasiswa yang akan mengikuti praktikum atau sekedar site-in pada kegiatan tersebut dipersilahkan untuk mengunduh beberapa file penting berikut ini pada link yang tersedia.

  1. Aplikasi ImageJ (download link https://imagej.nih.gov/ij/download.html)
  2. Java environment (https://java.com/en/download/)
  3. Tutorial dan contoh  (https://imagej.nih.gov/ij/docs/examples/)

Aplikasi ImageJ dan Java sangat disarankan untuk diinstall terlebih dahulu.

Ari – Dosen Pengampu

Seminar Nasional Biodiversitas: Solo, 04 November 2016

Program Studi Biologi FMIPA Universitas Sebelas Maret bersama Kelompok Studi Biodiversitas FMIPA UNS, dan Masyarakat Biodiversitas Indonesia mencanangkan pelaksanaan Seminar Nasional yang akan terselenggara pada tanggal 04 November 2016. Seminar ini merupakan agenda rutin tahunan dan mengangkat tema seputar biodiversitas. Seminar tahun ini mengangkat tema “Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Melalui Penerapan Bioteknologi”, berangkat dari perhatian serius tantangan biodiversitas kedepan dan tinjauan kritis pemanfaatan bioteknologi dalam pengelolaan biodiversitas. Informasi lengkap terkait kegiatan seminar dapat diakses melalui laman resmi di http://www.acb.uns.ac.id. Leaflet dalam format PDF dapat diunduh pada link berikut http://acb.uns.ac.id/wp-content/uploads/2016/08/LEAFLET-SEMNAS-BIODIVERSITAS-20161.pdf

ICBSI: International Conference on Biodiversity for Sustainable Industries

Program Studi Biologi FMIPA UNS berkaloborasi dengan Masyarakat Biodiversitas Indonesia akan menyelenggarakan event internasional tentang peran biodiversitas dalam menunjang pembangunan industri yang berkelanjutan. Kegiatan akan diselenggarkan selama 2 hari, yaitu mulai hari Kamis hingga Jumat (5 – 6 November  2015). Kegiatan ini akan menghadirkan beberapa pembicara berlevel internasional terkait dengan isu yang akan diangkat.