Sertifikasi AUN-QA: Pengertian dan Nilai Pentingnya bagi Program Studi

AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance) diinisiasi th 1998. Asean University Network (AUN) didirikan untuk menjamin kualitas pendidikan tinggi di negara-negara ASEAN dan bertanggung tanggung jawab untuk mempromosikan jaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, dan berkolaborasi dengan badan regional dan internasional untuk kepentingan komunitas ASEAN.

Sejalan dengan visi UNS, FMIPA-UNS dan Program Studi Biologi untuk menjadi lembaga terkemuka di tingkat nasional dan internasional, Sertifikasi AUN-QA meningkatkan daya saing Program Studi Biologi di tingkat internasional. AUN-QA adalah salah satu lembaga  sertifikasi yang akan menjadi batu loncatan menuju akreditasi internasional di tingkat global.

Manfaat untuk universitas dan program studi yang telah disertifikasi oleh AUN-QA adalah kesetaraan program studi dengan program studi universitas berkualitas tinggi lainnya di ASEAN. Selain itu, siswa dalam program studi bersertifikat AUN-QA dapat melakukan transfer kredit ke universitas lain yang telah disertifikasi. Manfaat lainnya bagi program studi yang telah memegang sertifikasi AUN-QA antara lain: 1) Peluang untuk berpartisipasi dalam program AUN-QA, dan / atau proyek dan mengembangkan kerjasama dengan organisasi mitra ASEAN. 2) Menambahkan jaringan diantara Negara ASEAN  dan terlibat dalam konferensi diselenggarakan AUN-QA. 3) Peluang terlibat dalam lokakarya dan kursus pelatihan AUN-QA, serta berbagi pengalaman implementasi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

Audiensi Dosen-Mahasiswa Prodi Biologi: 13 April 2018

Himpunan mahasiswa Biologi FMIPA UNS menyelenggarakan kegiatan audiensi, yaitu diskusi tentang kegiatan akademik di Prodi Biologi. Bertempat dilantai dasar gedung utama Prodi Biologi, kegiatan diskusi berjalan menarik dan penuh keakraban.

Audiensi diawali sambutan ketua Prodi Biologi, DR. Ratna Setyaningsih, M.Si. yang menyatakan dukungannya atas kegiatan yang terselenggara dan penekanan perlunya keterbukaan terhadap segala permasalahan yang dihadapi mahasiswa. Sekaligus beliau mengharapkan kegiatan audiensi tentunya dapat memberikan kontribusi konkret untuk perbaikan kualitas pembelajaran di Prodi Biologi.

Sesi utama kegiatan audiensi digunakan mahasiswa untuk menyampaikan usul, saran, dan kritik terhadap semua aktivitas Program Studi khususnya di bidang akademik, semisal kelengkapan sarana dan prasarana proses pembelajaran, teknik pelaksanaan ujian, hingga kegiatan praktikum.

Workshop Budidaya Lele: Solo, 10 April 2018

Dinas pertanian, ketahanan pangan, dan peternakan, Pemerintah Kota Solo menyelenggarakn kegiatan worksop atau pelatihan tentang berternak lele. Hadir dalam kesempatan tersebut TIM P2M Program Studi Biologi yang diketuai DR. Agung Budiharjo, M.Si. Dalam acara tersebut, DR. Agung Budiharjo, M.Si. memberikan penjelasan tentang dasar keilmuan dan teknik praktis budidaya ikan lele. DR. Agung Budiharjo, M.Si. adalah staff pendidik di Program Studi Biologi yang memiliki kepakaran dibidang zoologi khususnya Ikhtiologi (studi tentang ikan).

Peserta menunjukkan respon dan minat yang besar pada materi yang dipaparkan dan berlangsung diskusi dua arah yang akrab antara pemateri dan peserta workshop. Keikutsertaan dalam kegiatan seperti ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial Program Studi Biologi untuk mentransfer ilmu dan dan teknologi sebagai upaya nyata dalam meningkatan taraf hidup dan ekonomi masyarakat sekitar.

A Tribute to Prof. Dr. Wiryanto, M.Si.

Tulisan ini seharusnya menguraikan tonggak pencapaian dan rasa optimisme Program Studi Biologi FMIPA UNS atas sosok staf dosen yang telah berhasil mencapai puncak karir akademik sebagai guru besar. Kamis, 29 Maret 2018, sekitar pukul 12.00 WIB Prof. Dr. Wiryanto, M.Si., resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar di Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Tawar pada acara Sidang Senat Terbuka Universitas Sebelas Maret. Tersirat dengan jelas pada teks dan pidato pengukuhannya, suatu semangat, harapan, dan upaya untuk memperbaiki tata kelola air tawar guna mengoptimalkan nilai manfaat yang lestari bagi masyarakat. Tidak sedikitpun tampak rasa lelah untuk terus berkarya dan mengabdikan keilmuannya bagi bangsa dan negara meskipun fakta usia beliau yang tidak lagi muda. Demikianlah, sudah sepantasnya kami berbangga, memberikan apresiasi tinggi dan mengandalkan kepakaran beliau untuk mewujudkan visi dan misi Program Studi. Hingga, pada hari yang sama,  Kamis, 29 Maret 2018 pukul 16.40 kami harus menata hati kami untuk mengikhlaskan kepergian beliau bersama dengan semua ide besar, keteladanan, optimisme, dan kerja keras pantang menyerah untuk memberikan yang terbaik. Sore itu beliau dipanggil Sang Maha Pencipta untuk menghadap-Nya setelah berjuang sekian lama dengan penyakit jantung yang dideritanya. Selamat jalan Prof. Wir, ilmu dan semangatmu abadi tak lekang oleh waktu.

Batik Anatomi

Batik Anatomi (Batik of Animal and Plant Anatomy) a sweet blend, three in one, among bio-science, art and culture in fashionable design. A real effort to educate science with a friendly local art and culture.

What do you think about anatomical terms in animals and plants? Surely you will imagine dissection tools and microscopes to obtain a clear description. Here, our staff, Widya Mudyantini, M.Si. and her team were able to present an anatomical picture of the hidden objects in our body in a blended design of batik , an art of Javanese culture.

Repotting & Bottling Orchid (Sabtu, 03 Maret 2018)

Isi waktu senggang kalian dengan merawat anggrek di greenhouse. Grup riset biomateri tumbuhan dengan fokus riset tentanf anggrek menjadwalkan kegiatan terbuka bagi  mahasiswa dan civitas akademika FMIPA UNS yang tertarik pada teknik dasar bertanam anggrek. Kegiatan akan dilaksanakan pada :

Hari : Sabtu, 04 Maret 2018

Jam : 10.00 WIB sampai kelar

Tempat : Greenhouse Laboratorium Pusat MIPA UNS

Penyelenggara hanya mempersiapkan alat dan bahan untuk kegiatan pelatihan. Konsumsi dan hal lian diluar kebutuhan teknis kegiatan mohon untuk dikondisikan sendiri.

 

CP: Amik, Arum (Biologi 2015)

Workshop bioentrepreneurship: Pengembangan Agribisnis Sidat

Tim Pengabdian Tecnopreneurship Prodi Biologi FMIPA UNS yang diketuai Dr. Ratna Setyaningsih, M.Si. mengadakan Workshop bioentrepreneurship dalam rangka pengembangan agribisnis Sidat yang dilaksanakan pada hari Jumat 20 Oktober 2017. Tujuan kegiatan ini adalah mebangun semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan alumni sehingga dapat mendukung terwujutnya alumni yang mandiri dan berdaya saing. Kegiatan ini menghadirkan pakar kewirausahaan dari akademisi dan praktisi antara lain Susantiningrum, S.Pd.,SE.,M.AB, Kapala PPKwu UNS, Nazmul Irfan, direktur Unagi UNS, Widya Mudyantini, M.Si., Dosen Prodi Biologi dan Owner Batik Anatomi, Dan MH. Qoyim, S.Sos., M.Si., Praktisi bisnis dan dosen terbang kewirausahaan di beberapa PT.

 

 

Prestasi Mahasiswa : Juara 2 LKTI Mahasiswa PTN Wilayah Indonesia Barat

Kontingen Mahasiswa Biologi FMIPA UNS yang terdiri dari Hasna, Prasetya Adi, dan Dewi Larasati mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa PTN se Wilayah Barat. Kompetisi kali ini terbingkai dalam semangat “The Infinity Value of Biodiversity”. Tema yang dipilih Hasna dkk adalah : “Pemanfaatan kekayaan sumber daya hayati (SDH) yang tepat untuk peningkatan ekonomi masyarakat”. Dengan mengusung judul “Pemberdayaan Fungi sebagai Agen Natural Biofactories Nanosilver dan Potensinya dalam Mendukung Perekonomian Bangsa”, tim mahasiswa ini berhasil meyakinkan juri dan menyabet predikat juara 2 (dua) dengan menyisihkan 12 tim lainnya.

 

Fasilitas Greenhouse (Rumah Kaca) dan Rumah Percobaan

Kelengkapan alat dan fasilitas penunjang penelitiann merupakan kebutuhan penting bagi perkembangan dan keberlanjutan penelitian. Belum lama ini, diawal bulan September 2017, telah berdiri fasilitas greenhouse dan ruang  pemeliharaan hewan uji, bertempat di UPT Laboratorium MIPA Pusat, Universitas Sebelas Maret. Bangunan berlantai dua ini merupakan fasilitas pendukung untuk kegiatan penelitian kelompok riset tumbuhan, hewan, mikrobiologi, hingga ekologi. Lantai atas menyediakan ruang dengan cahaya penuh untuk penanaman, sedangkan di lantai dasar dapat digunakan untuk kegiatan pemeliharaan dan perlakuan hewan percobaan. Fasilitas ini diharapkan memacu minat dan aktivitas mahasiswa dan dosen untuk melakukan penenlitian.

PELATIHAN KESADARAN TANGGAP DARURAT

Dalam rangka standarisasi proses kegiatan belajar mengajar yang aman dan nyaman, dan bahwa keadaan darurat dan bencana bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk di lingkungan kampus, maka Program Studi Biologi, FMIPA-UNS menyelenggarakan “Pelatihan Kesadaran Tanggap Darurat” bagi mahasiswa, dosen dan staf kependidikan.

Acara dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Oktober 2017 di UNS Inn, menghadirkan 2 nara sumber yaitu Drs. Widodo Prayitno dengan materi “Kesiapan Tanggap Darurat dan Manajemen Dampak Lingkungan” ; serta materi “Perencanaan Tanggap Darurat” oleh Yeremia Rante Ada’, S.Sos., M.Kes.

Dari acara ini diharapkan seluruh sivitas akademika Prodi Biologi FMIPA-UNS memiliki kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat yang mungkin terjadi, sehingga meminimalkan dampak lingkungan.

1 2 3