Workshop bioentrepreneurship: Pengembangan Agribisnis Sidat

Tim Pengabdian Tecnopreneurship Prodi Biologi FMIPA UNS yang diketuai Dr. Ratna Setyaningsih, M.Si. mengadakan Workshop bioentrepreneurship dalam rangka pengembangan agribisnis Sidat yang dilaksanakan pada hari Jumat 20 Oktober 2017. Tujuan kegiatan ini adalah mebangun semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan alumni sehingga dapat mendukung terwujutnya alumni yang mandiri dan berdaya saing. Kegiatan ini menghadirkan pakar kewirausahaan dari akademisi dan praktisi antara lain Susantiningrum, S.Pd.,SE.,M.AB, Kapala PPKwu UNS, Nazmul Irfan, direktur Unagi UNS, Widya Mudyantini, M.Si., Dosen Prodi Biologi dan Owner Batik Anatomi, Dan MH. Qoyim, S.Sos., M.Si., Praktisi bisnis dan dosen terbang kewirausahaan di beberapa PT.

 

 

Prestasi Mahasiswa : Juara 2 LKTI Mahasiswa PTN Wilayah Indonesia Barat

Kontingen Mahasiswa Biologi FMIPA UNS yang terdiri dari Hasna, Prasetya Adi, dan Dewi Larasati mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa PTN se Wilayah Barat. Kompetisi kali ini terbingkai dalam semangat “The Infinity Value of Biodiversity”. Tema yang dipilih Hasna dkk adalah : “Pemanfaatan kekayaan sumber daya hayati (SDH) yang tepat untuk peningkatan ekonomi masyarakat”. Dengan mengusung judul “Pemberdayaan Fungi sebagai Agen Natural Biofactories Nanosilver dan Potensinya dalam Mendukung Perekonomian Bangsa”, tim mahasiswa ini berhasil meyakinkan juri dan menyabet predikat juara 2 (dua) dengan menyisihkan 12 tim lainnya.

 

Fasilitas Greenhouse (Rumah Kaca) dan Rumah Percobaan

Kelengkapan alat dan fasilitas penunjang penelitiann merupakan kebutuhan penting bagi perkembangan dan keberlanjutan penelitian. Belum lama ini, diawal bulan September 2017, telah berdiri fasilitas greenhouse dan ruang  pemeliharaan hewan uji, bertempat di UPT Laboratorium MIPA Pusat, Universitas Sebelas Maret. Bangunan berlantai dua ini merupakan fasilitas pendukung untuk kegiatan penelitian kelompok riset tumbuhan, hewan, mikrobiologi, hingga ekologi. Lantai atas menyediakan ruang dengan cahaya penuh untuk penanaman, sedangkan di lantai dasar dapat digunakan untuk kegiatan pemeliharaan dan perlakuan hewan percobaan. Fasilitas ini diharapkan memacu minat dan aktivitas mahasiswa dan dosen untuk melakukan penenlitian.

PELATIHAN KESADARAN TANGGAP DARURAT

Dalam rangka standarisasi proses kegiatan belajar mengajar yang aman dan nyaman, dan bahwa keadaan darurat dan bencana bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk di lingkungan kampus, maka Program Studi Biologi, FMIPA-UNS menyelenggarakan “Pelatihan Kesadaran Tanggap Darurat” bagi mahasiswa, dosen dan staf kependidikan.

Acara dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Oktober 2017 di UNS Inn, menghadirkan 2 nara sumber yaitu Drs. Widodo Prayitno dengan materi “Kesiapan Tanggap Darurat dan Manajemen Dampak Lingkungan” ; serta materi “Perencanaan Tanggap Darurat” oleh Yeremia Rante Ada’, S.Sos., M.Kes.

Dari acara ini diharapkan seluruh sivitas akademika Prodi Biologi FMIPA-UNS memiliki kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat yang mungkin terjadi, sehingga meminimalkan dampak lingkungan.

Inventarisasi Kehati Magetan : PPLH UNS, Pemda Magetan dan KS. BIODIV-KEPAK SAYAP

Mahasiswa biologi yang tergabung dalam Kelompok Studi (KS) Biodiversitas dan Kepak Sayap, aktif ikut serta dalam upaya inventarisasi keanekaragaman hayati di Kabupaten Magetan. Kegiatan ini merupakan aksi bersama yang dipelopori oleh Pusat Penelitian Linkungan Hidup, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (PPLH-LPPM) UNS bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan. Target dari kegiatan ini adalah suatu dokumen lingkungan hidup yang menginventarisasi flora dan fauna (herpetofauna) yang berada di daerah tertentu. Berita lain dari aktivitas ini dapat dilihat pada laman LPPM-UNS.

Kunjungan dan kerjasama dengan “Alian Butterfly Park”

Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. menginisiasi kunjungan dan kerjasama dengan “Alian Butterfly Park“. Kunjungan yang dilakukan pada akhir bulan September 2017 dilanjutkan dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti kualiah umum dan acara seremonial pelepasann 200 kupu-kupu bertepatan dengan  HUT Fakultas MIPA UNS ke-21. Alian Butterfly Park merupakan badan swasta yang bergerak dibidang konservasi insekta dengan mengusung konsep tempat wisata dan edukasi bagi masyarakat umum maupun pelajar dan mahasiswa.

Prestasi Mahasiswa: Peringkat 2 LKTI Nasional “EUPHORBIO 2″

Mahasiswa Prodi Biologi-FMIPA Universitas Sebelas Maret meraih peringkat kedua LKTI Nasional “EUPHORBIO 2 :EUPHORIA BIOLOGI 2017” yang diselenggarakan di Program Studi Biologi-FMIPA Universitas Mulawarman Samarinda,tanggal 21-23 September 2017.

Tim LKTI Prodi Biologi FMIPA UNS beranggotakan Hasna Hafida, Serly Fuadarizka, dan Abi Yusman Pratama, bersaing dengan 12 tim LKTI dari universitas lain seluruh Indonesia. Sub tema yang dipilih adalah bidang Peternakan dengan judul makalah “Potensi Fungi sebagai Agen Biosintesis Ramah Lingkungan Nanopartikel  untuk Bahan Tambahan Pakan Ternak” dengan dosen pembimbing Dr. Artini Pangastuti, M.Si. Tim LKTI Prodi Biologi FMIPA UNS meraih peringkat ke-2 dan memperoleh piala serta uang pembinaan.

Selamat …

Akses jurnal dan ebook dengan e-Resources (PNRI)

Perpustaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) memberikan kemudahan bagi mahasiswa, dosen, peneliti, dan khalayak umum untuk memperoleh akses artikel bermutu dari beberapa pusat arsip digital dan publisher secara daring.

Cara Akses

Seperti yang tertera di laman web  (http://e-resources.perpusnas.go.id/), setiap anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dan telah memiliki nomor anggota yang sah, berhak memanfaatkan layanan koleksi digital online ini.

Untuk menjadi anggota Perpusnas, silahkan lakukan pendaftaran secara online melalui http://keanggotaan.perpusnas.go.id, atau dengan mengunjungi gedung layanan Perpusnas di Jalan Salemba Raya 28 Jakarta Pusat / Jalan Merdeka Selatan 11 Jakarta Pusat.

Petunjuk / panduan penggunaan e-resources klik disini , dan jika ada pertanyaan / saran / keluhan terkait layanan koleksi e-Resources ini silahkan disampaikan melalui alamat email layanan_eresources@perpusnas.go.id dengan menyebutkan Nama dan nomor anggota, atau menghubungi Call Center Jasa Layanan Perpusnas di nomor 0800-1-737787

 

Riset Anggrek (Orchidaceae) dan Mikoriza

Anggrek adalah nama populer untuk tanaman dari familia Orchidaceae. Kelompok tumbuhan ini beranggotakan lebih dari 25.000 spesies dan tidak kurang dari 800 genera. Anggrek memiliki cara hidup unik yaitu ketergantungannya dengan mikoriza pada sebagian atau bahkan seluruh tahapan siklus hidupnya. Riset tentang anggrek dan mikoriza simbionnya menjadi tema riset yang diangkat oleh Riset Grup Biomateri tumbuhan. Beberapa skema hibah telah diperoleh hingga tiga tahun mendatang. Grup ini juga mengundang partisipasi mahasiswa dan peneliti lain untuk turut berkiprah di riset ini.

Workshop Pengembangan Learning Outcome

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi merupakan kewajiban yang berkelanjutan. Upaya ini terus diupayakan Program Studi Biologi FMIPA UNS, salah satunya dengan penyelenggaraan workshop pengembangan learning outcome. Hadir sebagai nara sumber, Prof. Nizam S.T., M.T., Ph.D memberikan wawasan tentang pengembangan pendidikan dengan kualifikasi yang bersesuaian dengan standard nasional dan internasional.

 

 

 

 

 

1 2