Release Berita Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Biologi FMIPA UNS

Siapa tidak kenal anggrek ?  Hampir semua orang mengenal dan menyukai bunga anggrek. Anggrek merupakan bunga yang memiliki variasi bentuk, warna dan aroma yang bermacam-macam. Tanaman hias ini memiliki nilai ekonomis yang penting dalam perekonomian nasional.

Anggrek tidak bisa diperbanyak secara konvensional melalui biji. Hal ini terjadi karena biji anggrek tidak memiliki cadangan makanan (endosperm), sehingga untuk dapat berkecambah dan tumbuh menjadi tanaman baru, biji anggrek memerlukan penanganan khusus. Biji anggrek harus ditebar di atas media steril yang mengandung hara nutrisi untuk menjamin perkecambahan dan pertumbuhannya.  Teknologi ini dikenal dengan teknik kultur in vitro (kultur jaringan).

Petani dan pembudidaya anggrek seringkali menghadapi  kendala dalam penyediaan bibit anggrek karena teknik kultur in vitro untuk penumbuhan biji anggrek tersebut tidak dikuasai. Selain peralatan yang tidak tersedia, ketrampilan teknik aseptik dalam kultur in vitro seringkali juga tidak dimiliki.

Untuk membantu meningkatkan penguasaan teknik kultur in vitro bagi petani dan pembudidaya anggrek maka Grup Riset Biomateri Tumbuhan dari Program Studi Biologi FMIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta yang beranggotakan Dr. Solichatun, S.Si. M.Si., Ari Pitoyo, S.Si., M.Si., Dr. Nita Etikawati, S.Si.M.Si, Elisa Herawati, S.Si.M.Eng. Ph.D. dan Tanjung Ardo, S.Si. M.Sc. melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (P2M), khususnya bagi petani anggrek di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan P2M tersebut berjudul “PenerapanTeknologi Kultur In Vitro Berskala Rumah Tangga Bagi Petani Anggrek Di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar”.

Rangkaian kegiatan P2M yang dilakukan meliputi webinar “Meminati Anggrek” yang diselenggarakan pada tanggal 13 Juni 2020, menghadirkan nara sumber  Yanuar Mahir, S.P (young orchid breeder) dan Ari Pitoyo, S.Si. M.Sc (dosen dan pakar anggrek dari  Program studi Biologi, FMIPA, UNS). Webinar diikuti oleh sekitar 100 peserta dari berbagai daerah. Acara yang lain berupa sosialisasi teknik kultur in vitro anggrek dan pendampingan praktek pembuatan media kultur serta teknik penanaman/tebar biji anggrek ke dalam botol kultur secara aseptik yang diselenggarakan pada bulan Juli-September 2020. Acara praktek kultur in vitro anggrek ini ditujukan kepada pengelola nursery Pabongan Anggrek yang merupakan mitra kegiatan P2M Prodi Biologi. Selian dibekali ketrampilan teknik kultur in vitro, mitra juga diberikan bantuan peralatan kultur in vitro sederhana berupa enkas, autoklaf, dan peralatan lain.

Dari kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan penguasaan teknik kultur in vitro oleh petani/pembudidaya anggrek dapat meningkat sekaligus menjamin kemandirian bibit anggrek. Kemandirian bibit anggrek diharapkan akan meningkatkan perekonomian petani/pembudidaya anggrek secara khusus serta masyarakat sekitar secara umum, karena pada akhirnya banyak masyarakat yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan P2M ini mendapatkan pendanaan dari Hibah P2M PNBP LPPM Universitas Sebelas Maret tahun 2020.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi kegiatan pengabdian

Born to be curious

Biology English Course (BEC) belum lama ini menyelenggarakan event bertajuk : “Born to be curious” (Sabtu, 11 Juli 2020). Hadir sebagai pembicara Indrie Wanof (Co. founder and CMO @kampungcourse). Kegiatan sukses dilaksanakan secara daring (online). Pembicara memberikan materi mengenai rasa ingin tahu untuk belajar bahasa inggris, bagaimana tips untuk mempelajari bahasa inggris seperti membaca buku yang disukai dalam bahasa inggris atau menonton film yang berbaha inggris. Selain itu apa saja manfaat yang didapat jika bisa berbahasa inggris dan bagaimana bahasa inggris dapat membantu untuk mencapai cita-cita seperti kami sebagai peneliti dapat mempublikasi hasil penelitian ke publikasi internasional; jika hobi jalan-jalan memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana cara untuk tetap memotivasi diri sendiri.

PTERIDOLOGI 2020

Sabtu, 11 Juli 2020, Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) sukses menyelenggarakan  PTERIDOLOGI 2020. PTERIDOLOGI adalah akronim dari “Pelatihan Kreativitas dan Ide Ilmiah Mahasiswa Biologi 2020”, yang merupakan wadah untuk berbagi pengalaman dan kiat membuat proposal dan karya ilmiah. Acara terselenggara secara daring melalui platform Google Meet pada pukul 08.30-11.30.

Hadir sebagai pembicara utama: Hasbiyan Rosyadi, S.Si., M.Sc (Dosen Biologi FMIPA UNS); Jeesica Hermayanti Pratama, dan Yochidamai Aksanitaqwim. Dua pemateri yang terakhir adalah mahasiswa aktif Fakultas MIPA yang sudah berpengalaman dan memenangkan beberpa event lomba ilmiah mahasiswa di tingkat Nasional. 

Memulai sesi diskusi, Bapak Hasbiyan Rosyadi, M.Sc. berupaya membangkitkan motivasi peserta pelatihan untuk ikut aktif membuat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Selain itu beliau juga berbagi trik tentang bagaimana memperoleh ide yang menarik dan kompetitif untuk memenangkan kompetisi perolehan hibah PKM. Sedangkan Jeesica Hermayanti Pratama yang sudah beberapa kali mendapatkan pendanaan PKM dan memenangkan lomba di beberapa ajang ilmiah lebih menyoroti teknik penulisan proposal yang kompetitif. Diakhir sesi, Yochidamai, yang tercatat sebagai peraih predikat Juara II Mahasiswa Berprestasi di Tingkat Universitas berbagi pengalaman tentang cara mengatasi kendala dalam pembuatan dan pengerjaan PKM.

Dokumentasi Kegiatan

Bincang Santai Anggrek

Tim Pengabdian pada Masyarakat bekerjasama dengan Nurseri Pabongan menyelenggarakan sosialisasi tentang anggrek dari sisi sain dan budidayanya. Kegiatan bincang terlaksana secara daring karena kondisi pandemi covid-19. Hadir peserta dari berbagai latar belakang profesi dan wilayah.

PELATIHAN PEMBUATAN TEPUNG UBI JALAR DAN ANEKA OLAHAN UBI JALAR DI DUSUN KRAMEN PABLENGAN MATESIH KARANGANYAR JAWA TENGAH

Tim Pengabdian pada Masyarakat Prodi Biologi FMIPA UNS yang terdiri dari Dr Nita Etikawati, M.Si., Dr Widya Mudyantini, M.Si. dan Dr Shanti Listyawati, M.Si. melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan tepung dan aneka olahan ubi jalar pada masyarakat dusun Kramen Pablengan Matesih Karanganyar. Pembuatan tepung ubi merupakan salah satu bentuk diversifikasi pengolahan pasca panen yang dapat dilakukan para petani untuk meningkatkan nilai jual hasil panenan. Harga jual tepung ubi dapat mencapai 5-10 kali lipat bila dibandingkan nilai jual ubi segar, dengan demikian diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan para petani ubi pada khususnya dan seluruh masyarakat Dusun Kramen pada umumnya.

Kegiatan ini dilakukan beberapa tahap yaitu sosialisasi, penyuluhan, dan pelatihan. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan tujuan untuk lebih mengenalkan masyarakat dengan program pengabdian yang akan dilaksanakan serta untuk menyadarkan masyarakat terhadap potensi kekayaan dusun yang dimiliki. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Pengabdi dan dihadiri oleh Pengurus dusun Kramen dan masyarakat setempat. Kegiatan penyuluhan meliputi beberapa topik, yaitu penyuluhan mengenai penanganan pasca panen ubi jalar, teknik penepungan ubi jalar, analisis usaha tepung ubi jalar serta aneka olahan dengan bahan dasar ubi jalar. Tahap terakhir kegiatan adalah pelatihan yang meliputi beberapa tahap yaitu tahap persiapan ubi jalar dari panen, penyimpanan, perajangan, pengeringan, penggilingan tepung dan pembuatan aneka  olahan dengan bahan dasar ubi jalar. Pada kesempatan ini peserta dilatih dalam mengoperasikan beberapa alat yang dihibahkan yaitu mesin perajang ubi, mesin penepung, serta penggunaan sealer kemasan. Hasil akhir kegiatan berupa tepung ubi jalar ungu, putih dan kuning, serta aneka olahan seperti brownis ubi, dodol ubi, puding ubi dan stik ubi.

Antusiasme mitra sangat bagus, hal ini dibuktikan dengan jumlah kehadiran peserta yang banyak pada setiap sesi kegiatan. Kegiatan diakhiri dengan serah terima peralatan  berupa mesin perajang ubi, mesin penggiling, timbangan digital, serta sealer kemasan dari LPPM UNS kepada masyarakat mitra. Kegiatan ini didanai dengan dana PNBP UNS 2019.

International Conference on Biodiversity and Biotechnology (ICBB 2019)

Theme : Bridging research towards bioproducts

A long-term commitment to fundamental biological research relevant to the needs of bio-based industry should be maintained. The genetics of plants and bacteria that lead to an understanding of genes that control plant pathways and cellular process, the physiology and biochemistry of plants and microorganism directed towards improving bioconversion process, and modification of plant metabolism represent major research interest.

Nowadays, the production of efficient and sustainable biofertilizers for plant production, wherein utilization of chemical fertilizer can be reduced significantly to avoid further pollution problems, is currently gaining special attention. Jean Yong, professor of Horticultural Growing Systems and his team have provided scientific linkages and evidence to show that phytohormones are important components of the biofertilizers currently in use by the plant industry. Some Rhizobacterias secrete phytohormones, especially cytokinins, and can be cultured and developed into a biofertilizer. They proposed that soon a hybrid approach of combining organic and conventional fertilization regimes will be the likely scenario, as a better understanding of plant growth and development through the regulatory controls on the cell proliferation processes by phytohormones and mineral nutrients delivered by fertilizers has been achieved.

Invite Speakers:

Important Dates

1. Registration for non-speakers: November 4, 2019
2. Registration and deadline for abstract submissions: October 23, 2019 
3. Notification of abstract that pass to be presented (invitation & invoice): October 27, 2019 

4. Early bird registration & payments: now- October 30, 2019 (23.59 WIB) 
5. Regular registration & payments: October 31, 2019 – November 3, 2019
6. Acceptance of the full paper: November 4, 2019  
7. Notification of time schedule: November 4, 2019
8. Implementation of the conference: November 11, 2019
9. Excursion to Solo City and the surrounding [optional]: November 12, 2019
10. The process of review and revision or improvement of the full text: until February 29, 2020
 
——————————

11. Registration and deadline for abstract and full text paper submissions for graduate students (Ind.: mahasiswa pascasarjana) who register for the free of charge: October 16, 2019

12. Notification of the full text paper of no. 11 that pass to be presented (invitation): October 27, 2019

Poster:

Pelatihan Budidaya Anggrek di Desa Tumpak, Boyolali

TIM Pengabdian Masyarakat yang beranggotakan Ari Pitoyo, M.Sc., Dr. Ari Susilowati, M.Si., Muhammad Indrawan, M.Si., dan Dr. Edwi Mahajoeno, M.Si. melakukan sosialisasi dan pelatihan budidaya anggrek di Dukuh Tumpak, Desa Sidomulyo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap inisiatif masyarakat menjadikan kawasan desa sebagai desa unggulan untuk pariwisata tanaman hias. Peserta menunjukkan minat selama proses sosialisasi dan pelatihan.

Selama kegiatan peserta mendapatkan dasar-dasar penanaman anggrek mulai dari penanganan bibit hingga pembesaran. Bibit anggrek tidak seperti bibit tanaman pada umumnya, membutuhkan cara penanganan khusus karena hasil dari kultur jaringan. Kondisi lingkungan yang relatif kering akan menyebabkan bibit dehidrasi jika tidak ditangani secara benar.

SAKUGI 2019

🎉 [COMING SOON ON NOVEMBER] 🎉
SAKUGI
(Sarasehan Keluarga Biologi)

Haloo keluarga Biologi FMIPA UNS! Sehubungan dengan akan diadakannya SAKUGI 2019 pada tanggal 23 November 2019, diharapkan mengisi formulir di bawah ini untuk konfirmasi kedatangannya.

Terima kasih!

bit.ly/PendaftaranSakugiAlumni
bit.ly/PendaftaranSakugiMahasiswaBiologi
.
Jangan sampai kelewatan yaa 😉😉 

089648929655 (Yassinta)
085848355018 (Ara)

Apis?! mellifera!!

SAKUGI2019

SquadApisKreatif

#HIMABIO2019

📱OA Line : @gun2181z
📷 Instagram : @himabio.fmipauns
🐤 Twitter : @HIMABIO_UNS
💻Facebook : Himabio uns
📧 Email : himabio.fmipauns@yahoo.com
📠Website : himabio.mipa.uns.ac.id

1 2 3 5