Sertifikasi AUN-QA: Pengertian dan Nilai Pentingnya bagi Program Studi

AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance) diinisiasi th 1998. Asean University Network (AUN) didirikan untuk menjamin kualitas pendidikan tinggi di negara-negara ASEAN dan bertanggung tanggung jawab untuk mempromosikan jaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, dan berkolaborasi dengan badan regional dan internasional untuk kepentingan komunitas ASEAN.

Sejalan dengan visi UNS, FMIPA-UNS dan Program Studi Biologi untuk menjadi lembaga terkemuka di tingkat nasional dan internasional, Sertifikasi AUN-QA meningkatkan daya saing Program Studi Biologi di tingkat internasional. AUN-QA adalah salah satu lembaga  sertifikasi yang akan menjadi batu loncatan menuju akreditasi internasional di tingkat global.

Manfaat untuk universitas dan program studi yang telah disertifikasi oleh AUN-QA adalah kesetaraan program studi dengan program studi universitas berkualitas tinggi lainnya di ASEAN. Selain itu, siswa dalam program studi bersertifikat AUN-QA dapat melakukan transfer kredit ke universitas lain yang telah disertifikasi. Manfaat lainnya bagi program studi yang telah memegang sertifikasi AUN-QA antara lain: 1) Peluang untuk berpartisipasi dalam program AUN-QA, dan / atau proyek dan mengembangkan kerjasama dengan organisasi mitra ASEAN. 2) Menambahkan jaringan diantara Negara ASEAN  dan terlibat dalam konferensi diselenggarakan AUN-QA. 3) Peluang terlibat dalam lokakarya dan kursus pelatihan AUN-QA, serta berbagi pengalaman implementasi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

.

Program Studi Biologi-FMIPA UNS bekerjasama dengan Prodi Biosains Pascasarjana UNS akan menyelenggarakan : KULIAH UMUM (GENERAL LECTURE). Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Jum’at, 3 Nopember 2017, Pukul : 08.30-12.00 WIB. Penyelenggaraan kuliah bertempat di Aula Pascasarjana, Kampus UNS Kentingan-Solo. Pada kesempatan tersebut akan ada dua  pembicara dari University of Philippines - Losbanos, yaitu DR. WALTER ALVARES LAVINA dan PROF. BARBARA LAVINA CAOILI . Acara ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Prodi Biologi, FMIPA-UNS; mahasiswa Prodi Biosains Program Pascasarjana UNS, dan dosen.

Dr. Wiryanto, M.Si.

Professor of Fresh Water Management Resources

Research Group
Courses
Research Interest
Short List Publications

 

 

Alumni adalah aset

Kelulusan bukan merupakan akhir dari proses pembelajaran. Program Studi Biologi FMIPA UNS melihat alumni sebagai aset penting untuk promosi dan pengembangan institusi. Setelah 21 tahun sejak berdirinya, PS Biologi FMIPA UNS telah menghasilkan lulusan yang tersebar diberbagai bidang. Hubungan berkelanjutan antara program studi dapat menjadi sarana penting dalam mengembangkan dan evaluasi kualitas pembelajaran

Angga: Alumni Biologi FMIPA UNS studi lanjut di Leiden (Belanda)

Angga Lestari, alumni Biologi FMIPA UNS angkata 2010 mendapatkan kesempatan untuk menuturkan pengalamannya di MetroTV pada acara Kick Andy.  Kesempatan ini diperoleh tidak lepas dari prestasinya mendapatkan beberapa penghargaan, salah satunya memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi S2 di Belanda. Angga berhasil menuntaskan masa studi 3.5 tahun dengan IPK mendekati sempurna.

http://video.metrotvnews.com/play/2015/03/27/377696/miskin-tapi-cumlaude-1

Pengisian KRS online

Pengisian KRS online Jurusan Biologi FMIPA UNS akan diselenggarakan mulai hari Rabu, 11 Februari 2015 s.d. Jumat, 13 Februari 2015. Pengisian KRS dilakukan secara online melalui aplikasi siakad oleh mahasiswa dan akan diverifikasi oleh dosen pembimbing akademik (PA). Adanya fitur baru verifikasi menuntut mahasiswa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan PA sebelum mencetak KRS.

1 2