Release Berita Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Biologi FMIPA UNS

Siapa tidak kenal anggrek ?  Hampir semua orang mengenal dan menyukai bunga anggrek. Anggrek merupakan bunga yang memiliki variasi bentuk, warna dan aroma yang bermacam-macam. Tanaman hias ini memiliki nilai ekonomis yang penting dalam perekonomian nasional.

Anggrek tidak bisa diperbanyak secara konvensional melalui biji. Hal ini terjadi karena biji anggrek tidak memiliki cadangan makanan (endosperm), sehingga untuk dapat berkecambah dan tumbuh menjadi tanaman baru, biji anggrek memerlukan penanganan khusus. Biji anggrek harus ditebar di atas media steril yang mengandung hara nutrisi untuk menjamin perkecambahan dan pertumbuhannya.  Teknologi ini dikenal dengan teknik kultur in vitro (kultur jaringan).

Petani dan pembudidaya anggrek seringkali menghadapi  kendala dalam penyediaan bibit anggrek karena teknik kultur in vitro untuk penumbuhan biji anggrek tersebut tidak dikuasai. Selain peralatan yang tidak tersedia, ketrampilan teknik aseptik dalam kultur in vitro seringkali juga tidak dimiliki.

Untuk membantu meningkatkan penguasaan teknik kultur in vitro bagi petani dan pembudidaya anggrek maka Grup Riset Biomateri Tumbuhan dari Program Studi Biologi FMIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta yang beranggotakan Dr. Solichatun, S.Si. M.Si., Ari Pitoyo, S.Si., M.Si., Dr. Nita Etikawati, S.Si.M.Si, Elisa Herawati, S.Si.M.Eng. Ph.D. dan Tanjung Ardo, S.Si. M.Sc. melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (P2M), khususnya bagi petani anggrek di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan P2M tersebut berjudul “PenerapanTeknologi Kultur In Vitro Berskala Rumah Tangga Bagi Petani Anggrek Di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar”.

Rangkaian kegiatan P2M yang dilakukan meliputi webinar “Meminati Anggrek” yang diselenggarakan pada tanggal 13 Juni 2020, menghadirkan nara sumber  Yanuar Mahir, S.P (young orchid breeder) dan Ari Pitoyo, S.Si. M.Sc (dosen dan pakar anggrek dari  Program studi Biologi, FMIPA, UNS). Webinar diikuti oleh sekitar 100 peserta dari berbagai daerah. Acara yang lain berupa sosialisasi teknik kultur in vitro anggrek dan pendampingan praktek pembuatan media kultur serta teknik penanaman/tebar biji anggrek ke dalam botol kultur secara aseptik yang diselenggarakan pada bulan Juli-September 2020. Acara praktek kultur in vitro anggrek ini ditujukan kepada pengelola nursery Pabongan Anggrek yang merupakan mitra kegiatan P2M Prodi Biologi. Selian dibekali ketrampilan teknik kultur in vitro, mitra juga diberikan bantuan peralatan kultur in vitro sederhana berupa enkas, autoklaf, dan peralatan lain.

Dari kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan penguasaan teknik kultur in vitro oleh petani/pembudidaya anggrek dapat meningkat sekaligus menjamin kemandirian bibit anggrek. Kemandirian bibit anggrek diharapkan akan meningkatkan perekonomian petani/pembudidaya anggrek secara khusus serta masyarakat sekitar secara umum, karena pada akhirnya banyak masyarakat yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan P2M ini mendapatkan pendanaan dari Hibah P2M PNBP LPPM Universitas Sebelas Maret tahun 2020.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi kegiatan pengabdian

Produk Mitra P2M ikut dipamerkan pada Dies Natalis FMIPA UNS ke-23

Fakultas Matematika dan Ilmu Pngetahuan Alam (FMIPA) menggelar serangkaian acara dalam rangka Dies Natalisnyayang ke-23. Salah satu acara-nya adalah Family Gathering yang diselenggarakan pada tanggal 29 September 2019. Pada acaratersebut, selain diisi dengan jalan sehat semua civitas akademikaFMIPA juga diadakan bazar pameran produk termasuk produkdari mitra kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) daripara dosen Program Studi Biologi FMIPA UNS.  Beberapaproduk yang diikutsertakan dalam bazar adalah1. Aneka keripik “Bu Nur”  hasil produk mitra kelompok P2M yang diketuai oleh ibu Dr. Solichatun, M.Si.; 2. Batik anatomi aneka motif hasil produk mitra kelompok P2M yang diketuai Bapak Suratman, S.Si., M.Si.; 3. Produk makanan lokal brem hasil mitra kelompok P2M yang diketuai oleh ibu Dr. Tetri Widiyani, M.Si.  serta4. Tepung ubi dan olahannya hasil produk  mitra kelompok P2M yang diketuai oleh ibu Dr. Nita Etikawati, M.Si.

Pameran produk mitra P2M sekaligus pemasarannya diharapkandapat meningkatkan pengenalan (recognisi) dan nilai jualproduk, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomianmasyarakat khususnya mitra P2M yang terlibat.

Sertifikasi AUN-QA: Pengertian dan Nilai Pentingnya bagi Program Studi

AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance) diinisiasi th 1998. Asean University Network (AUN) didirikan untuk menjamin kualitas pendidikan tinggi di negara-negara ASEAN dan bertanggung tanggung jawab untuk mempromosikan jaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, dan berkolaborasi dengan badan regional dan internasional untuk kepentingan komunitas ASEAN.

Sejalan dengan visi UNS, FMIPA-UNS dan Program Studi Biologi untuk menjadi lembaga terkemuka di tingkat nasional dan internasional, Sertifikasi AUN-QA meningkatkan daya saing Program Studi Biologi di tingkat internasional. AUN-QA adalah salah satu lembaga  sertifikasi yang akan menjadi batu loncatan menuju akreditasi internasional di tingkat global.

Manfaat untuk universitas dan program studi yang telah disertifikasi oleh AUN-QA adalah kesetaraan program studi dengan program studi universitas berkualitas tinggi lainnya di ASEAN. Selain itu, siswa dalam program studi bersertifikat AUN-QA dapat melakukan transfer kredit ke universitas lain yang telah disertifikasi. Manfaat lainnya bagi program studi yang telah memegang sertifikasi AUN-QA antara lain: 1) Peluang untuk berpartisipasi dalam program AUN-QA, dan / atau proyek dan mengembangkan kerjasama dengan organisasi mitra ASEAN. 2) Menambahkan jaringan diantara Negara ASEAN  dan terlibat dalam konferensi diselenggarakan AUN-QA. 3) Peluang terlibat dalam lokakarya dan kursus pelatihan AUN-QA, serta berbagi pengalaman implementasi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

.

Program Studi Biologi-FMIPA UNS bekerjasama dengan Prodi Biosains Pascasarjana UNS akan menyelenggarakan : KULIAH UMUM (GENERAL LECTURE). Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Jum’at, 3 Nopember 2017, Pukul : 08.30-12.00 WIB. Penyelenggaraan kuliah bertempat di Aula Pascasarjana, Kampus UNS Kentingan-Solo. Pada kesempatan tersebut akan ada dua  pembicara dari University of Philippines - Losbanos, yaitu DR. WALTER ALVARES LAVINA dan PROF. BARBARA LAVINA CAOILI . Acara ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Prodi Biologi, FMIPA-UNS; mahasiswa Prodi Biosains Program Pascasarjana UNS, dan dosen.

Dr. Wiryanto, M.Si.

Professor of Fresh Water Management Resources

Research Group
Ecology

Courses
Ecology, Environmental Science, Limnology, Natural Resources and Environmental Management

Research Interest
Ecology and Environmental issues

Short List Publications

 Wiryanto, Totok Gunawan, Shalihuddin Djalal Tandjung dan Sudibyakto, 2013. “Kajian Kesuburan Perairan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri”. Jurnal Ekosains Vol. 4(3):1-10  2013

 Wiryanto. 2013. Model Pengelolaan Perairan Waduk Berdasarkan Tingkat Kesubuiran dan Pencemaran Air. (Kasus di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Jawa Tengah). Disertasi. Yogyakarta: Prodi Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana UGM.

Ahmad Dwi Setyawan, Wiryanto, Suranto, Nurliani Bermawie. 2014. “Short Communication: Variation in Isozymc Pattern of Germplasm from three Ginger (Zingiber officinale) Varieties”. ISEA Journal of Biological Sciences (NUSANTARA BIOSCIENCE) Vol. 6(1):86-93 ISSN : 22087-3948 E-ISSN: 2087-3956

Ahmad dwi Setyawan, Wiryanto, Suranto, Nurliani Bermawie, Sudarmono. 2014. “Short Communication: Comparisons of Isozyme Diversity in Local Java Cardamom (Amomum compactum) and True Cardamom (Elettaria cardamomum)”. ISEA Journal of Biological Sciences (NUSANTARA BIOSCIENCE) Vol. 6(1):94-101 ISSN : 22087-3948 E-ISSN: 2087-3956  Terindeks: DOAJ.

Azhari, Sunarto, Wiryanto. 2015. “Pemanfaatan Limbah Cair Tahu menjadi Nata de Soya dengan menggunakan Air Rebusan Kecambah Kacang Tanah dan Bakteri Acetobacter xylinum” Jurnal Ilmiah Lingkungan Hidup (EKOSAINS) Vol. 7(1): 64-76 ISSN : 1979-7826  http://jurnal.portalgaruda.org

Novia Ratna Sari, Sunarto, Wiryanto. 2015. “Analisis Komparasi Kualitas Air Limbah Domestik Berdasarkan Parameter Biologi, Fisika dan Kimia di IPAL Semanggi dan IPAL Mojuosongo Surakarta”. Jurnal Ilmiah Lingkungan Hidup (EKOSAINS) Vol. 7(2): 62-74   ISSN : 1979-7826  http://jurnal.portalgaruda.org

Andy Saputra Manurung, Sunarto, Wiryanto. 2016. “Efektivitas Instalasi Pengolahan Air Limbah dan Kualitas Limbah Cair Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. M. Ansari Saleh di Kota Banjarmasin. 2016. Jurnal Ilmiah Lingkungan Hidup (EKOSAINS) Vol. 7(3):21-29   ISSN : 1979-7826  http://jurnal.portalgaruda.org

Wiryanto. 2016. “Spatial and Temporal Description of Water Pollution Status of Gajah Mungkur Reservoir Wonogiri, Central Java, Indonesia”. Journal of Biological Diversity (BIODIVERSITAS) Vol.17(2):888-893  October 2016  ISSN: 1412-033X E-ISSN : 2085-4722

Sunarto, Wiryanto, Widhi Himawan. 2016. “The estimation of emission from the gateways to Surakarta City, Indonesia using the software of Mobilev 3.0 as the basis for an action plan of emission control”. ISEA Journal of Biological Sciences” (NUSANTARA BIOSCIENCE) Vol. 8(2):288-296  November 2016  ISSN : 2087-3948  E-ISSN: 2087-3956

Peni Pujiastuti dan Wiryanto. 2016. “Mekanisme Biotransformasi Nitrogen Menjadi Amonia, Nitrit dan Nitrat di Perairan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Laporan Tahunan Penelitian Fundamental. Surakarta: Universitas Setia Budi.

Irfan Pramono, B., Totok Gunawan, Wiryanto and MTh. Sri Budiastuti. 2016. The ability of pine forests in reducing peak flow at Kedungbulus sub watershed, Central Java, Indonesia. International Journal of Applied Environmental Sciences Vol 11 (2) : 1549-1568 ISSN 0973-6077

Pujiyati, Prabang Setyono, dan Wiryanto. 2016. The Provision of Clean Water Contamination Risk and Environment Perception of Water User Group (POKMAIR) in Watumalang District Wonosobo Regency, Central Java. Proceedings. The 3rd International Conference on Health Science 2016. Yogyakarta. Poltekkes Kemenkes

 

 

Alumni adalah aset

Kelulusan bukan merupakan akhir dari proses pembelajaran. Program Studi Biologi FMIPA UNS melihat alumni sebagai aset penting untuk promosi dan pengembangan institusi. Setelah 21 tahun sejak berdirinya, PS Biologi FMIPA UNS telah menghasilkan lulusan yang tersebar diberbagai bidang. Hubungan berkelanjutan antara program studi dapat menjadi sarana penting dalam mengembangkan dan evaluasi kualitas pembelajaran

1 2