Workshop bioentrepreneurship: Pengembangan Agribisnis Sidat

Tim Pengabdian Tecnopreneurship Prodi Biologi FMIPA UNS yang diketuai Dr. Ratna Setyaningsih, M.Si. mengadakan Workshop bioentrepreneurship dalam rangka pengembangan agribisnis Sidat yang dilaksanakan pada hari Jumat 20 Oktober 2017. Tujuan kegiatan ini adalah mebangun semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan alumni sehingga dapat mendukung terwujutnya alumni yang mandiri dan berdaya saing. Kegiatan ini menghadirkan pakar kewirausahaan dari akademisi dan praktisi antara lain Susantiningrum, S.Pd.,SE.,M.AB, Kapala PPKwu UNS, Nazmul Irfan, direktur Unagi UNS, Widya Mudyantini, M.Si., Dosen Prodi Biologi dan Owner Batik Anatomi, Dan MH. Qoyim, S.Sos., M.Si., Praktisi bisnis dan dosen terbang kewirausahaan di beberapa PT.

 

 

Prestasi Mahasiswa : Juara 2 LKTI Mahasiswa PTN Wilayah Indonesia Barat

Kontingen Mahasiswa Biologi FMIPA UNS yang terdiri dari Hasna, Prasetya Adi, dan Dewi Larasati mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa PTN se Wilayah Barat. Kompetisi kali ini terbingkai dalam semangat “The Infinity Value of Biodiversity”. Tema yang dipilih Hasna dkk adalah : “Pemanfaatan kekayaan sumber daya hayati (SDH) yang tepat untuk peningkatan ekonomi masyarakat”. Dengan mengusung judul “Pemberdayaan Fungi sebagai Agen Natural Biofactories Nanosilver dan Potensinya dalam Mendukung Perekonomian Bangsa”, tim mahasiswa ini berhasil meyakinkan juri dan menyabet predikat juara 2 (dua) dengan menyisihkan 12 tim lainnya.

 

Pelatihan Professional Building, Sabtu, 28 Oktober 2017

Menjelang berakhirnya tahun 2017, Prodi Biologi FMIPA UNS Solo  akan mengadakan kegiatan Pelatihan Professional Building  bagi seluruh dosen dan staf kependidikan.

Kegiatan ini  bermanfaat untuk refreshing, refleksi dan evaluasi kegiatan yang lalu sekaligus planning tahun 2018.

Acara akan diselenggrakan pada :

Hari / Tanggal           : Sabtu / 28 Oktober 2017

Tempat                       : Riverhills Tawangmangu-Karanganyar

Pukul                          : 08.00-16.00 WIB

Penyelenggaraan acara dipandu oleh Citra Emas Public Relations.

.

Program Studi Biologi-FMIPA UNS bekerjasama dengan Prodi Biosains Pascasarjana UNS akan menyelenggarakan : KULIAH UMUM (GENERAL LECTURE). Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Jum’at, 3 Nopember 2017, Pukul : 08.30-12.00 WIB. Penyelenggaraan kuliah bertempat di Aula Pascasarjana, Kampus UNS Kentingan-Solo. Pada kesempatan tersebut akan ada dua  pembicara dari University of Philippines - Losbanos, yaitu DR. WALTER ALVARES LAVINA dan PROF. BARBARA LAVINA CAOILI . Acara ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Prodi Biologi, FMIPA-UNS; mahasiswa Prodi Biosains Program Pascasarjana UNS, dan dosen.

KULIAH UMUM (Jumat, 3 November 2017)

Program Studi Biologi-FMIPA UNS bekerjasama dengan Prodi Biosains Pascasarjana UNS akan menyelenggarakan : KULIAH UMUM (GENERAL LECTURE). Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Jum’at, 3 Nopember 2017, Pukul : 08.30-12.00 WIB. Penyelenggaraan kuliah bertempat di Aula Pascasarjana, Kampus UNS Kentingan-Solo. Pada kesempatan tersebut akan ada dua  pembicara dari University of Philippines – Losbanos, yaitu DR. WALTER ALVARES LAVINA dan PROF. BARBARA LAVINA CAOILI . Acara ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Prodi Biologi, FMIPA-UNS; mahasiswa Prodi Biosains Program Pascasarjana UNS, dan dosen.

Fasilitas Greenhouse (Rumah Kaca) dan Rumah Percobaan

Kelengkapan alat dan fasilitas penunjang penelitiann merupakan kebutuhan penting bagi perkembangan dan keberlanjutan penelitian. Belum lama ini, diawal bulan September 2017, telah berdiri fasilitas greenhouse dan ruang  pemeliharaan hewan uji, bertempat di UPT Laboratorium MIPA Pusat, Universitas Sebelas Maret. Bangunan berlantai dua ini merupakan fasilitas pendukung untuk kegiatan penelitian kelompok riset tumbuhan, hewan, mikrobiologi, hingga ekologi. Lantai atas menyediakan ruang dengan cahaya penuh untuk penanaman, sedangkan di lantai dasar dapat digunakan untuk kegiatan pemeliharaan dan perlakuan hewan percobaan. Fasilitas ini diharapkan memacu minat dan aktivitas mahasiswa dan dosen untuk melakukan penenlitian.

PELATIHAN KESADARAN TANGGAP DARURAT

Dalam rangka standarisasi proses kegiatan belajar mengajar yang aman dan nyaman, dan bahwa keadaan darurat dan bencana bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk di lingkungan kampus, maka Program Studi Biologi, FMIPA-UNS menyelenggarakan “Pelatihan Kesadaran Tanggap Darurat” bagi mahasiswa, dosen dan staf kependidikan.

Acara dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Oktober 2017 di UNS Inn, menghadirkan 2 nara sumber yaitu Drs. Widodo Prayitno dengan materi “Kesiapan Tanggap Darurat dan Manajemen Dampak Lingkungan” ; serta materi “Perencanaan Tanggap Darurat” oleh Yeremia Rante Ada’, S.Sos., M.Kes.

Dari acara ini diharapkan seluruh sivitas akademika Prodi Biologi FMIPA-UNS memiliki kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat yang mungkin terjadi, sehingga meminimalkan dampak lingkungan.

Pelatihan Kesadaran Tanggap Darurat

Program studi biologi mengagendakan pelatihan kesadaran tanggap darurat untuk mengantisipasi situasi genting karena bencana seperti kebakaran,  gempa bumi, dll. Kegiatan pelatihan ini akan diselenggarakan pada :

Hari/ Tanggal : Selasa, 17 Oktober 2017

J a m : 08.30  s.d  12.00 WIB

Trainer : Drs. Widodo Prayitno

Tempat : UNS Inn

Penting bagi semua civitas akademika Prodi Biologi FMIPA UNS untuk mengikuti pelatihan tersebut.

1 2 3 7